4 Cara Untuk Me-Recharge Teknik Mengajar Anda

4 Cara Untuk Me-Recharge Teknik Mengajar Anda
Bulan terakhir mengajar cukup sulit bagi saya.
Saya merasa semakin frustrasi di ruang kelas, kurang toleran, kurang ramah, dan yang terburuk, sarkastik. Akibatnya, saya benar-benar kelelahan. Sesuatu perlu diubah. Saya perlu mengambil langkah mundur dan merenungkan apa yang terjadi. Mengapa semuanya berubah? Kemana perginya cinta itu?
Apakah para siswa berubah, atau apakah saya? Tentu saja saya. Dan semuanya bermuara pada perencanaan. Pelajaran saya membosankan, sehingga siswa secara alami lebih sering terputus. Perhatian mereka berkurang dengan mudah, dan mau tidak mau, perilaku mereka memburuk. Ketika saya melihat kembali perencanaan saya, saya melihat banyak perhatian diberikan untuk mengatasi hasil, tetapi kurangnya fokus pada pembelajaran yang mendalam.
Saya memutuskan untuk menginvestasikan waktu untuk merancang templat rencana pelajaran baru, memaksa saya untuk secara eksplisit memasukkan ke dalam elemen perencanaan saya yang saya tahu pekerjaan, yang melibatkan siswa, dan memuaskan epistemologi yang melekat dalam diri saya, yang tercermin dalam gambar di bawah ini. Setiap pelajaran harus memasukkan beberapa strategi yang telah saya gunakan untuk mengisi ulang pengajaran saya: Konstruktivisme, Gerakan, Kolaborasi, dan Diferensiasi.


Konstruktivisme: Siapa yang Membuat Makna?

Apakah kegiatan belajar mendorong pembelajaran mandiri? Apakah itu memungkinkan siswa untuk menemukan pengetahuan sendiri, atau apakah saya memberikannya kepada mereka? Apakah itu membiarkan mereka membangun pengetahuan yang ada dengan membuat koneksi? Apakah itu melibatkan semacam penyelidikan, atau masalah di mana pertanyaan muncul secara alami dan terus-menerus, yang mengarah pada pembelajaran?
Bagi saya, konstruktivisme adalah kunci lingkungan belajar yang sukses. Siswa memiliki kecenderungan alami untuk bertanya, dan pelajaran perlu memberikan kesempatan seperti itu. Ajaran saya akhir-akhir ini kurang tentang ini. Alih-alih, siswa melakukan gerakan, menerima informasi dan diharapkan untuk menerapkannya. Kedalaman dalam pembelajaran hilang karena siswa tidak berjuang untuk itu sendiri. Mereka belum menemukannya sendiri; dan koneksi mereka ke sana dangkal.
Dalam perencanaan saya sekarang saya memastikan saya tidak hanya merancang kegiatan yang mempromosikan pemikiran independen, tetapi saya juga mengajukan pertanyaan terkait yang memulai pemikiran mendalam. Saya juga memberikan ruang untuk kemungkinan pelajaran menyimpang dari jalur, menyadari bahwa itu adalah sifat konstruktivisme. Saya pikir ini sangat penting: untuk menghormati minat siswa akan menuntut beberapa membelok dari jalan.
Ini tidak berarti bahwa hasil yang diinginkan tidak dapat dicapai. Itu hanya berarti bahwa lebih banyak waktu harus diperhitungkan, dan guru harus terampil dalam mempromosikan koneksi untuk membawanya kembali ke niat semula. Hasilnya adalah pengalaman belajar yang lebih dalam, karena siswa telah terlibat, dan akan memiliki lebih banyak kepemilikan atas kemajuan mereka.


Ini tentang kualitas daripada kuantitas.

teaching-mindfulness-kindergartenInteraktivitas: Apakah Siswa Bergerak? Berinteraksi? Dengan Apa, Dan Mengapa?

Untuk membuat siswa penasaran, perlu ada stimulus yang sesuai.

Interaktivitas dicirikan oleh beberapa elemen, dari metode penyampaian informasi, hingga relevansi pembelajaran. Perencanaan eksplisit untuk berbagai pengiriman sangat penting. Semua orang tahu VAK, tetapi sering kali saya meremehkan pentingnya elemen kinestetik untuk suatu kegiatan. Dan saya tidak percaya bahwa menulis adalah aktivitas kinestetik yang cukup. Siswa perlu aktif secara fisik di beberapa titik dalam pelajaran, apakah itu bergerak di sekitar ruangan berkonsultasi dengan pekerjaan meja lain, atau menambahkan ide ke papan bersama.
Lebih baik lagi jika siswa dapat belajar tentang sesuatu melalui tubuh. Sebagai contoh, suatu hari di unit Frankenstein yang saya ajarkan, untuk mengeksplorasi ide superfisialitas, saya meminta para siswa membuat dan memerankan adegan pendek yang mengeksplorasi konsekuensi dari superfisialitas dalam kehidupan remaja. Ya itu berantakan daripada jika saya baru saja memberi mereka informasi, tetapi setiap siswa sekarang sangat memahami tema tersebut, karena mereka belajar dari penampilan mereka sendiri dan kemudian teman-teman sebaya mereka. Ini sekarang telah memfasilitasi keterlibatan yang lebih dalam dalam teks. Tentu saja jauh lebih mudah, dan dapat dikelola, untuk mengabaikan pembelajaran kinestetik, tetapi bagi begitu banyak siswa, itu dengan mengorbankan keterlibatan.
Pembelajaran di beberapa titik juga perlu relevan dengan siswa. Ini dapat dicapai baik melalui kegiatan EQ tematis (kecerdasan emosional), tugas berdasarkan minat, atau koneksi ke keterampilan atau aplikasi dunia nyata. Saya tidak peduli apa yang dikatakan siapa pun: menyajikan siswa dengan sumber daya yang membosankan, dan pelajarannya akan buruk.


Kerjasama: Apakah Ada Kolaborasi?

Belajar dari teman sebaya itu kuat, dan membantu memperkuat pengalaman konstruktivis.
Seringkali, siswa akan mencari bantuan pasangannya untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam suatu tugas, atau untuk memeriksa apakah pembelajaran mereka sebenarnya apa yang diminta dari mereka. Melihat kembali pelajaran melalui video menunjukkan seberapa sering hal ini benar-benar terjadi dalam sebuah pelajaran, meskipun secara diam-diam, dan alih-alih dibatalkan, dengan menyebut gangguan sebagai alasan, biarkan berkembang. Seringkali, para guru mencoba untuk memadamkan contoh-contoh seperti itu, menuntut pembelajaran yang tenang, dan individual, tetapi dengan menekankan hal ini setiap saat, peluang-peluang berharga hilang.
Siswa yang memiliki kesempatan untuk melihat pekerjaan orang lain dari sekitar ruangan juga efektif. Mengetahui apa yang dipikirkan guru adalah satu hal, tetapi mengetahui apa yang dipikirkan teman-teman mereka akan memicu rangsangan yang lebih besar saat mereka berhubungan, bersaing, menantang, dan membentuk kembali pemikiran mereka - dan memperdalam pengalaman belajar. Media sosial begitu meresap dalam kehidupan siswa karena memuaskan elemen-elemen ini. Kekuatan pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara besar-besaran melalui media sosial akan segera menjadi sesuatu di masa lalu, ketika para guru akan mulai mendapatkan akses lebih lanjut ke platform yang ada, dan ketika platform baru yang ditujukan khusus untuk mengatasi keamanan bagi siswa dan sekolah muncul.
Juga, penting untuk menyadari partisipasi dalam diskusi kelas. Akhir-akhir ini, sementara beberapa percakapan luar biasa telah terjadi di kelas saya, hanya 5 atau 6 yang berpartisipasi dalam diskusi yang terlibat. Sisanya tidak, dan karenanya tidak belajar. Mengajukan pertanyaan dan kemudian membuat siswa mendiskusikan pemikiran mereka dengan pasangan mereka, dan kemudian meja, mendorong semua orang untuk berpikir, sebelum temuan ditawarkan ke diskusi kelas. Kagan menyajikan beberapa pemikiran dan strategi yang sangat berguna di bidang ini.


Diferensiasi: Cukup, Tepat Waktu, Hanya Untuk Saya

Saya fokus pada dua aspek ini. Pertama, dan jelas, apakah ada berbagai harapan dalam tugas itu? Apakah saya melayani semua kemampuan, merancah tugas-tugas tertentu dan memberikan peningkatan tantangan sesuai permintaan? Apakah saya secara sadar menempatkan siswa di atas meja untuk memaksimalkan pembelajaran kooperatif dan mendorong dan mendukung satu sama lain? Kedua, apakah saya mengizinkan dan mendorong variasi dalam cara siswa menunjukkan pengetahuan dan pemahaman mereka, atau apakah semuanya ditulis?
Sebagai seorang guru bahasa Inggris, ini bisa menjadi tugas yang berat untuk membuat keterampilan menulis siswa ke tingkat yang diperlukan untuk keberhasilan ujian. Namun, ketika kami hanya fokus pada hasil seperti itu, kami menyangkal peluang siswa untuk memperdalam keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan ironisnya, menghambat perkembangan penulisan karena siswa kehilangan minat dan koneksi dengan subjek. Dibutuhkan seorang guru yang berani untuk berenang melawan arus pengajaran ke ujian, untuk percaya bahwa keterlibatan yang lebih dalam dan siswa yang lebih berpengetahuan luas akan terbayar dalam jangka panjang (atau berenang).
Tetapi seperti Anda, atas nama pendidikan progresif, saya akan terus melakukannya.
Merefleksikan Perjalanan Saya Sendiri
Kalau dipikir-pikir, poin terakhir ini sebenarnya merupakan alasan signifikan untuk pemutusan saya selama sebulan terakhir.
Saya kehilangan percikan saya karena mengajar sebentar. Saya lupa mengapa saya repot-repot menghabiskan 50 jam aneh seminggu melakukannya. Pembelajarannya menjadi preskriptif, sempit, steril dan dangkal. Namun, rencana rencana pelajaran saya yang baru memaksa saya untuk lebih sadar akan hal-hal yang saya hargai dalam pengajaran saya. Templat ini mendorong pembelajaran yang lebih dalam, keterlibatan yang lebih dalam, dan kepuasan yang tak terelakkan lebih dalam.
Bahkan dalam beberapa pelajaran terakhir di mana saya telah menggunakannya, saya merasa kembali bersemangat, dan segar kembali. Saya memang kembali berbisnis.

Posting Komentar untuk "4 Cara Untuk Me-Recharge Teknik Mengajar Anda"